Semarang, 30 Agustus 2024. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat “MAHADIPA: Kerjasama Kesehatan Kecamatan Banyumanik dan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.” Kegiatan ini merupakan bagian dari Interprofessional Education (IPE) yang dipimpin oleh Prof. Dr. Diana Nur Afifah, STP, M.Si. Kegiatan ini juga sekaligus merupakan bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis FK Undip ke-63.

Acara yang berlangsung pada hari Jumat, 30 Agustus 2024, dimulai pukul 08.00 WIB dengan tema “Lansia Sehat, Bugar, dan Bahagia” ini berlangsung di Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Semarang. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian FK Undip terhadap kesehatan lansia, yang menjadi fokus utama dalam rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat tahun ini. Departemen Ilmu Gizi sebagai salah satu Departemen di Fakultas Kedokteran Undip juga turut serta dalam kegiatan pengandian ini.

Bapak Binar Panunggal, S.Gz, MPH dan Anvinda Nugraheni, S.K.M., M.Epid. selaku koordinator kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia melalui berbagai program kesehatan. Program ini mencakup pemeriksaan kesehatan dan edukasi tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan dan pengendalian penyakit tidak menular pada lansia. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat kesehatan secara langsung kepada para lansia di Pudakpayung, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan di usia lanjut.

Kegiatan ini juga menjadi momen bagi FK Undip untuk mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar, khususnya di Kecamatan Banyumanik. Antusiasme dari warga setempat, terutama para lansia, terlihat dari tingginya partisipasi dalam setiap rangkaian acara.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, FK Undip tidak hanya merayakan hari jadinya yang ke-63, tetapi juga menunjukkan komitmennya dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat melalui kegiatan pengabdian yang berdampak langsung pada masyarakat.