Semarang, 9 September 2024 – Universitas Diponegoro (Undip) terus memperkuat langkahnya untuk menjadi bagian dari World Class University dengan menghadirkan program Adjunct Professor. Program ini bertujuan meningkatkan kualitas riset dan publikasi ilmiah internasional, melalui kolaborasi dengan peneliti kelas dunia. Departemen Ilmu Gizi, sebagai salah satu unit kerja di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro mendukung upaya ini dengan menjalankan program Adjunct Professor ini. Salah satu tokoh yang diundang dalam program ini adalah Prof. Dr. Irwandi Jaswir dari International Islamic University Malaysia (IIUM), seorang ahli terkemuka di bidang pangan halal.

Prof. Dr. Irwandi Jaswir, yang juga pemenang King Faisal International Prize Award pada tahun 2018, memiliki lebih dari 100 publikasi ilmiah terindeks Scopus dengan H-index 26. Program ini diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Undip, dengan tujuan meningkatkan kualitas penelitian dan jejaring internasional dalam bidang pangan halal dan bergizi.

Selama program ini, Prof. Dr. Irwandi diminta untuk menjadi narasumber dan melakukan kolaborasi untuk mengadakan beberapa kegiatan penting, seperti workshop penyusunan artikel ilmiah untuk jurnal internasional bereputasi, serta kuliah tamu tentang berbagai topik pangan halal dan bergizi. Beberapa kegiatan yang telah berlangsung antara lain:

  1. Workshop Manuskrip: “Strategies for Publishing Scientific Paper” – 20 Mei 2024
  2. Kuliah Tamu Mata Kuliah Kewirausahaan dan Mata Kuliah Biologi Dasar: “Halal Food Ingredient” dan “Biotechnology in The Halal Industry” – 20 Mei 2024
  3. Kuliah Tamu Mata Kuliah Pengembangan Proposal: “Research Topic Related to Halal Food Product” – 21 Mei 2024
  4. Kuliah Tamu Mata Kuliah Promosi Gizi: “Strategy Halal Food Promotion to Fulfil Nutrition Requirement” – 22 Mei 2024
  5. Kuliah Tamu Pre-Internship: “Good Manufacturing Practices (GMP)” – 6 Agustus 2024
  6. Narasumber Workshop (Summer Course): “Halal Food in Emergency Situation” – 7 Agustus 2024 & “Development of Local-Based Emergency Food” – 9 Agustus 2024.

       

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah penting dalam mewujudkan visi Undip sebagai universitas riset unggulan, melalui kolaborasi riset dan publikasi pada jurnal internasioinal bereputasi.

Selain itu, program ini juga diharapkan dapat melahirkan joint publication di jurnal internasional dengan peringkat Q1, yang menjadi salah satu indikator keberhasilan dari program World Class University yang tengah digagas oleh Undip.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan Undip dapat terus meningkatkan kualitas penelitian, untuk menjadi Word Class University.